Laboratorium Teknik Telekomunikasi Uncategorized Buat Aplikasi Android Untuk Pemula Menggunakan MIT Inventor

Buat Aplikasi Android Untuk Pemula Menggunakan MIT Inventor

Jika kamu minim tentang pemprograman tetapi ingin membuat sebuah aplikasi android maka MIT App Inventor solusinya ,langsung saja baca artikel dibawah ini.Krysna Yudha Maulana7 September 2021

Pengertian MIT App Inventor

MIT App Inventor adalah sebuah web sumber terbuka yang awal kemunculanya dikembangkan oleh Google dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology atau lebih dikenal dengan MIT .

App Inventor Ini didesain untuk para pemula dalam pemprograman untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak khusus untuk sistem operasi android . Didalam App Inventor ini terdapat  code block yang memungkinkan pengguna untuk men drag and drop code block untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan di sistem operasi android.

Bagian MIT App Inventor

MIT App Inventor mempunyai dua halaman utama yaitu halaman designer dan  blocks. Halaman designer berguna untuk mendesain tampilan aplikasi atau lebih dikenal dengan user interface yang tentunya banyak alat yang dapat digunakan untuk menyempurnakan tampilan aplikasi. Sedangkan halaman blocks digunakan untuk back end pemprograman dibalik layar pada sebuah aplikasi sehingga dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Halaman Designer

Tampilan Halaman Designer

Di halaman ini terdapat beberapa jendela seperti contohnya : Palette, Viewer, Components Properties dan Media. Beberapa alat tersebut berfungsi untuk mendesain tampilan dari sebuah aplikasi yang akan kita buat.

1. Palette merupakan tempat mengambil komponen-komponen yang dikategorikan sesuai dengan kebutuhanya seperti User Interface, Layout,Media,Drawing and Animation,Maps,Sensors,Social,Storage,Conectivity,Lego Mindstroms,Experimental dan juga Ekstension.

2. Viewer merupakan tempat yang berguna untuk mengatur tampilan pada aplikasi nantinya.

3.Components merupakan tempat yang bergun untuk mengatur komponen-komponen yang ada di viewer.

4.Properties merupakan tempat untuk mengatur ukuran dari setiap alat seperti ukuran tinggi,lebar,warna dan besar huruf

5.Media merupakan tempat mengambil berbagai gambar maupun audio yang nantinya digunakan membuat sebuah aplikasi

Halaman Blocks

Tampilan Halaman Blocks

Pada halaman ini terdapat beberapa kategori code block seperti contohnya : Control,Logic,Math,Text,List,Colors,Variables dan Prosedures. Beberapa alat tersebut berfungsi untuk membuat suatu program yang digunakan untuk aplikasi android nantinya.

1.Control merupakan kategori blok kode yang berfungsi untuk membuat kontrol misalnya jika “a” maka akan ke step “b”.

2.Logic adalah suatu blok kode yang berfunsi untuk membuat logika misalnya booleantrue/false.

3.Math merupakan blok kode yang didalamnya berisi perhitungan matematika seperti Pertambahan,Pengkurangan,Perkalian dan Pembagian.

4.Text merupakan sebuah kode blok yang digunakan untuk menampilkan text yang nantinya ditampilkan di halaman designer.

5.List merupakan kode blok yang bertugas di lingkup list.

6.Colors adalah kode blok yang mengatur warna seperti warna tombol dan warna yang lainnya.

7.Variables merupakan kode blok yang berguna mengatur segala macam variable untuk pemprograman.

8.Prosedures merupakan kode blok yang berfungsi membuat suatu prosedur dan juga membuat suatu fungsi yang mengembalikan ke hasil tertentu.

Mengubah Ke Aplikasi Android

Untuk bisa digunakan di perangkat android tentunya kita harus mengubah dari MIT App Inventor ke file aplikasi nah bagaimana caranya ?

Terdapat 3 cara yaitu  pertama kita bisa mensimulasikannya ke simulator smartphone yang kita miliki yang kedua kita bisa simpan file aplikasi yang sudah jadi ke komputer/device yang digunakan untuk membuka MIT App Inventor ini dan cara terakhir kita bisa mengekspor dalam bentuk barcode yang nantinya barcode ini mengarahkan ke link download aplikasi yang sudah jadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *