Laboratorium Teknik Telekomunikasi Uncategorized Meskipun dari Rumpun Berbeda, Teknik Informatika dan Teknik Telekomunikasi Ternyata Saling Berkaitan.

Meskipun dari Rumpun Berbeda, Teknik Informatika dan Teknik Telekomunikasi Ternyata Saling Berkaitan.

Era digitalisasi saat ini sangat berkembang pesat. Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Telekomunikasi sangat dibutuhkan untuk mempertahankan diri di era sekarang ini. Apalagi ditengah pandemi yang serba digital. Teknik Informatika pun sangat digandrungi para millenial yang sedang mencari jurusan untuk tahap yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Namun berbeda dengan Teknik Telekomunikasi, sangat jarang dikenal oleh anak-anak SMA atau SMK. Bahkan yang sudah kuliahpun tidak tahu.

Kedua jurusan ini sangat bertolak belakang untuk peminatnya. Yang tidak banyak diketahui orang awam adalah keduanya memiliki kemiripan tentang bidang yang dipelajari. Sering mengira bahwa tukang servis handphone adalah orang informatika, tetapi sebenarnya adalah orang telekomunikasi, dimana handphone merupakan kombinasi antara ilmu elektro dan informatika yang hanya dimiliki jurusan telekomunikasi.

Teknik Informatika sendiri akan mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, informatika membahas terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Sedangkan Teknik Telekomunikasi fokus dibidang telekomunikasi, bukan hanya perihal pemasangan kabel dan komunikasi jaringan sinyal radio saja, tetapi mempelajari berbagai perkembangan teknologi dibidang telekomunikasi seperti sistem komunikasi seluler dan teknik digital. Selain itu teknik telekomunikasi juga mempelajari cara pembangkitan, pengolahan, penyaluran, dan penyebaran informasi secara efisien dengan memanfaatkan metode sains dan rekayasa.

Kira-kira dimana ya letak kemiripannya?

Selain yang sudah dijelaskan diatas, di telekomunikasi juga belajar tentang pemrograman. Pemrograman untuk mengintegrasikan sensor-sensor ataupun komponen elektronika dan pemrograman untuk pembuatan aplikasi yang diketahui hanya anak informatika saja. Tidak hanya itu, di telekomunikasi kamu juga akan belajar tentang networking atau jaringan. Didalam networking aka nada layer-layer tertentu. Layer terrendah akan dipelajari didunia telekomunikasi dan layer tertinggi akan dipelajari didunia informatika.

Contoh saja, ada layer 1 yang mana merupakan bagian pengiriman data yang dalam bentuk kode biner. Sedangkan pada layer 7 merupakan bagian data sudah dalam tampilan diwebsite atau browser.

Jika kamu di informatika, kamu akan membuat aplikasi, website, maupun UI/UX. Dalam pembuatan ketiganya memerlukan ilmu desain. Desain sangat diperlukan dalam pembuatan aplikasi atau sejenisnya. Tanpa desain, aplikasi yang kamu buat tidak akan menarik user.


Sumbar gambar : Global-Telco-696×393


Berbeda dengan telekomunikasi, selain membuat aplikasi yang butuh desain, networking juga dipelajari. Jadi telekomunikasi merupakan ilmu kombinasi. Elektro ada dikomponen elektronikanya dan informatika untuk networkingnya. Selain itu telekomunikasi juga akan berfokusan pada bidang radio. Radio ini bukan radio alat ya wkwk. Tetapi radio frekuensi. Disini kamu akan bermain-main dengan frekuensi tinggi. Frekuensi tinggi sangat berguna untuk dunia digital. Antenna contoh kecilnya. Tanpa antenna kamu tidak akan bisa melihat televisi ataupun berkomunikasi dengan orang lain dengan jarak jauh.

So, jangan salah lagi ya, informatika lebih ke pembuatan aplikasi ataupun website tanpa ilmu elektro. Tepai berbeda dengan telekomunikasi yang mencakup networking juga ilmu elektro.0 LikesShare:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *