Aris Aditama, S.T.

ssFull Name:  Aris Aditama 
Place / Date of Birth  :  METRO / 28-September-1990
Religion:  Islam
Citizenship:  INDONESIA
Status:  STUDENTS
Address: 29 Banjarsari RT/RW 029/006 kec. Metro Utara Kota Metro.

Mobile Phone: 085769558992/085267360694
Email: aditama081@gmail.com

 

 

 

Formal Education

1997- 2003: Madrasyah Ibtida’iah Metro Utara Kota Metro, Lampung

2003 – 2006: SMP N 6 Metro, Lampung

2006 – 2009: SMA N 1 Punggur Lam-Teng, Lampung

2009 – Sekarang : S1 Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Lampung

 

kegiatan sekarang sedang menyelesaikan Tugas Akhir di Lab Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung. judul tugas akhir sedang dikerjakan adalah “PURWARUPA SISTEM PENDETEKSI DAN SISTEM PERINGATAN DINI NIRKABEL TERPADU SECARA REAL TIME PADA TANGKI FLUIDA”. Penelitian ini membuat purwarupa atau prototype sistem pendeteksi kebocoran tangki sekaligus peringatan dini nirkabel yang dimana informasi letak kebocoran akan dikirimkan melalui sms (Short Massege Srvice). Pengiriman informasi letak kebocoran akan diterima secara real time. Timbul pertanyaan bagaimana sms dapat dikatakan real time? bahwa selama ini yang diketahui layanan sms ini sering sekali tertunda. Dalam kasus ini penerimaan sms ini akan dilihat dari perhitungan Blocking Probability SMS dijaringan GSM dengan beberapa parameter yaitu : Jumlah operator tertentu dan jumlah BTS. Sedang untuk dijaringan 3G adalah menghitung probability packet loss atau seberapa besar paket yang terbuang.

dibawah ini adalah blok diagram rangkaian

Untitled

Cara kerja

Rancangan ini terdapat empat sensor yang diletak dibawah tangki yang terbagi menjadi empat segmen. Dimana empat sensor mimiliki led indikator yang berbeda. Dimana keadaan sensor sebelum panel sensor terkana tetesan air adalah LOW. Setelah panel sensor terkena tetesan maka sensor akan HIGH yang ditandai dengan menyalanya led indikator dan mengirimkan sinyal kepada mikrokontroler ATmega 328P yang terdapat pada board Arduino uno. Sinyal yang masuk merupakan sinyal analog.

Sinyal analog yang masuk kemikrokontroler akan diubah menjadi sinyal digital dengan bantuan ADC yang berada dalam mikrokontroler. Kemudian dengan bahasa Assambler mikrokontroler mengolah sinyal masukkan sebagai indikator untuk melakukan pengiriman SMS menggunakan modul SIM900 yang tertanam pada board Arduino GPRS shield dengan menggunakan AT command ke nomor telepon seluler yang telah ditentukan. Mikrokontroler juga mengubah sinyal input kedalam sebuah tampilan LCD 16×2 untuk menunjukkan segmen berapa yang terjadi kebocoran.